Set Top Box – Mengenal Perangkat Elektronik Penerima Siaran Digital

Apa itu Set Top Box

Set Top Box (STB) adalah perangkat elektronik yang digunakan sebagai dekoder atau penerima siaran televisi digital. STB biasanya digunakan untuk menangkap siaran televisi digital terestrial, satelit, atau kabel dan mengubahnya menjadi format yang dapat ditampilkan pada layar TV. Penggunaan STB sudah umum digunakan di Indonesia sejak adanya siaran televisi digital yang disiarkan oleh stasiun televisi di Indonesia.

STB memungkinkan pengguna untuk menikmati siaran televisi digital dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan siaran televisi analog. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati fitur-fitur seperti Electronic Program Guide (EPG), timeshifting, dan fitur lainnya yang memungkinkan pengguna untuk menonton siaran televisi sesuai dengan jadwal dan waktu yang diinginkan.

Jenis-Jenis Set Top Box

Set Top Box tersedia dalam berbagai jenis dan merek, namun secara umum dibagi menjadi tiga jenis yaitu terestrial, satelit, dan kabel. Setiap jenis STB memiliki karakteristik dan fitur yang berbeda, sehingga penting untuk memilih jenis STB yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

STB terestrial digunakan untuk menangkap siaran televisi digital terestrial yang disiarkan melalui udara. STB satelit digunakan untuk menangkap siaran televisi digital dari satelit. Sedangkan STB kabel digunakan untuk menangkap siaran televisi digital yang disiarkan melalui kabel.

Pilihan jenis STB juga dapat ditentukan oleh merek dan model. Beberapa merek STB yang populer di Indonesia antara lain adalah Indovision, MNC Vision, Transvision, dan Nexmedia. Masing-masing merek STB memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

Cara Memasang Set Top Box ke TV Tabung

Memasang Set Top Box ke TV tabung sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun perlu memperhatikan beberapa hal agar STB dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah cara memasang STB ke TV tabung:

  1. Pertama, sambungkan kabel antena dari STB ke antena TV.
  2. Sambungkan kabel HDMI atau AV dari STB ke TV.
  3. Nyalakan TV dan STB, kemudian pilih input atau sumber yang sesuai dengan kabel yang digunakan.
  4. Lakukan scanning atau pencarian saluran pada STB agar dapat menangkap siaran televisi digital.
  5. Setelah selesai, STB siap digunakan dan pengguna dapat menikmati siaran televisi digital dengan kualitas yang lebih baik.

Memilih Set Top Box yang Benar

Membeli Set Top Box dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan jika pengguna mengetahui kebutuhan dan memperhatikan beberapa hal sebelum memilih STB yang akan dibeli. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih Set Top Box:

  • Ukuran dan tipe TV yang digunakan
  • Jenis siaran televisi digital yang akan ditonton (terestrial, satelit, atau kabel)
  • Budget atau anggaran yang dimiliki
  • Fitur dan spesifikasi STB, seperti resolusi, format video, dan fitur tambahan

Memperhatikan hal-hal tersebut dapat membantu pengguna memilih STB yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Pengguna juga dapat melakukan riset atau mencari referensi dari pengguna lain atau sumber terpercaya sebelum memutuskan untuk membeli STB.

Berapa Harga Set Top Box

Harga Set Top Box dapat bervariasi tergantung pada merek, tipe, dan fitur yang ditawarkan. Harga STB terestrial biasanya lebih murah dibandingkan dengan STB satelit dan kabel. Beberapa merek STB populer di Indonesia dan harganya adalah sebagai berikut:

  • Indovision STB HD – Rp. 299.000
  • MNC Vision STB HD – Rp. 329.000
  • Transvision STB HD – Rp. 325.000
  • Nexmedia STB HD – Rp. 350.000

Harga STB tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan masing-masing merek dan toko yang menjual STB. Pengguna dapat mempertimbangkan budget dan kebutuhan sebelum memutuskan untuk membeli STB.

Kesimpulan

Set Top Box adalah perangkat elektronik yang digunakan sebagai dekoder atau penerima siaran televisi digital. STB tersedia dalam berbagai jenis dan merek, namun secara umum dibagi menjadi tiga jenis yaitu terestrial, satelit, dan kabel. Penggunaan STB memungkinkan pengguna untuk menikmati siaran televisi digital dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

Cara memasang STB ke TV tabung cukup mudah dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal agar STB dapat berfungsi dengan baik. Pengguna juga perlu memperhatikan beberapa hal saat memilih STB seperti ukuran dan tipe TV yang digunakan, jenis siaran televisi digital yang akan ditonton, budget atau anggaran yang dimiliki, serta fitur dan spesifikasi STB.

Harga STB dapat bervariasi tergantung pada merek, tipe, dan fitur yang ditawarkan. Pengguna dapat mempertimbangkan budget dan kebutuhan sebelum memutuskan untuk membeli STB.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

You May Also Like

About the Author: hmdhn