Cara Merekam Layar HP Tanpa Aplikasi

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara merekam layar HP tanpa aplikasi. Terkadang kita ingin merekam layar HP, entah untuk keperluan pribadi atau untuk membagikan tutorial ke teman-teman. Namun, tidak semua HP dilengkapi dengan fitur perekam layar bawaan. Tidak perlu khawatir, Anda masih bisa merekam layar HP tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Fitur Perekam Layar Bawaan HP

Beberapa HP sudah dilengkapi dengan fitur perekam layar bawaan. Jika HP Anda memiliki fitur tersebut, maka cara paling mudah adalah dengan mengaktifkannya. Biasanya, Anda dapat menemukan fitur ini pada menu pengaturan HP, di bagian “Tampilan” atau “Perekam Layar”. Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda bisa merekam layar dengan mudah.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika HP Anda tidak dilengkapi dengan fitur perekam layar bawaan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi perekam layar yang bisa Anda download di Play Store. Beberapa di antaranya adalah AZ Screen Recorder, DU Recorder, dan Mobizen Screen Recorder. Anda bisa memilih aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

3. Gunakan Google Play Games

Selain aplikasi perekam layar, Anda juga bisa menggunakan Google Play Games untuk merekam layar HP. Fitur ini sebenarnya dirancang untuk merekam game yang sedang Anda mainkan. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk merekam layar HP secara umum. Caranya sangat mudah, cukup buka Google Play Games, pilih opsi “Rekam” pada menu utama, lalu mulai merekam layar.

4. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Instagram

Jika Anda sering menggunakan Instagram, maka Anda bisa memanfaatkan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Instagram, pilih opsi “Story”, lalu pilih opsi “Reels”. Setelah itu, Anda bisa merekam layar dengan mudah. Anda juga bisa menyimpan video yang sudah direkam di galeri HP Anda.

5. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi TikTok

Selain Instagram, Anda juga bisa menggunakan aplikasi TikTok untuk merekam layar HP. Caranya sama seperti menggunakan fitur perekam layar di Instagram. Buka aplikasi TikTok, pilih opsi “Rekam”, lalu mulai merekam layar. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

6. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Snapchat

Jika Anda menggunakan aplikasi Snapchat, maka Anda juga bisa memanfaatkan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Snapchat, pilih opsi “Memories”, lalu pilih opsi “Merekam”. Setelah itu, Anda bisa merekam layar dengan mudah. Anda juga bisa menyimpan video yang sudah direkam di galeri HP Anda.

7. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Skype

Jika Anda sering melakukan panggilan video di Skype, maka Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Skype, lalu mulai panggilan video seperti biasa. Selama panggilan video, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Merekam”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

8. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Zoom

Selain Skype, Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi Zoom. Caranya sama seperti menggunakan fitur perekam layar di Skype. Selama panggilan video di Zoom, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

9. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi WhatsApp

Jika Anda sering melakukan panggilan video di WhatsApp, maka Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi WhatsApp, lalu mulai panggilan video seperti biasa. Selama panggilan video, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

10. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Telegram

Jika Anda sering menggunakan aplikasi Telegram, maka Anda juga bisa memanfaatkan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Telegram, lalu mulai panggilan video seperti biasa. Selama panggilan video, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

11. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Facebook Messenger

Jika Anda sering melakukan panggilan video di Facebook Messenger, maka Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Facebook Messenger, lalu mulai panggilan video seperti biasa. Selama panggilan video, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

12. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Line

Jika Anda sering menggunakan aplikasi Line, maka Anda juga bisa memanfaatkan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Line, lalu mulai panggilan video seperti biasa. Selama panggilan video, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

13. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Google Meet

Jika Anda sering melakukan meeting atau kelas online di Google Meet, maka Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Google Meet, lalu mulai meeting atau kelas seperti biasa. Selama meeting atau kelas, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

14. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Microsoft Teams

Jika Anda sering melakukan meeting atau kelas online di Microsoft Teams, maka Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Microsoft Teams, lalu mulai meeting atau kelas seperti biasa. Selama meeting atau kelas, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

15. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Google Duo

Jika Anda sering melakukan panggilan video di Google Duo, maka Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Google Duo, lalu mulai panggilan video seperti biasa. Selama panggilan video, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

16. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Instagram

Selain Snapchat, Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi Instagram. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Instagram, lalu buka video atau story yang ingin Anda rekam. Selama video atau story diputar, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

17. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi TikTok

Jika Anda sering menggunakan aplikasi TikTok, maka Anda juga bisa memanfaatkan fitur perekam layar di aplikasi ini. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi TikTok, lalu buka video yang ingin Anda rekam. Selama video diputar, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

18. Gunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Netflix

Jika Anda ingin merekam film atau serial favorit di Netflix, Anda juga bisa menggunakan fitur perekam layar di aplikasi ini. Namun, perlu diingat bahwa merekam film atau serial di Netflix dapat melanggar hak cipta. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Netflix, lalu pilih film atau serial yang ingin Anda rekam. Selama film atau serial diputar, Anda bisa merekam layar dengan menekan tombol “Rekam Layar”. Setelah selesai merekam, Anda bisa menyimpan video tersebut di galeri HP Anda.

19. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua cara di atas tidak berhasil atau tidak cocok dengan kebutuhan Anda, maka Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar HP. Beberapa aplikasi perekam layar terbaik di antaranya adalah AZ Screen Recorder, DU Recorder, dan Mobizen Screen Recorder. Anda bisa mengunduh aplikasi perekam layar ini di Google Play Store secara gratis.

Kesimpulan

Merekam layar HP tanpa aplikasi ternyata bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fitur bawaan HP atau aplikasi yang sudah terpasang di HP Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar HP dengan lebih lengkap dan canggih. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan fitur perekam layar untuk merekam film atau video di media sosial atau aplikasi streaming dapat melanggar hak cipta. Gunakanlah fitur ini dengan bijak dan hanya untuk keperluan pribadi atau pendidikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara merekam layar HP tanpa aplikasi. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

You May Also Like

About the Author: hmdhn