Cara Mengembalikan Akun IG Yang Di Hack Dan Email Diganti

Cara Mengembalikan Akun IG Yang Di Hack

Sebagai pengguna setia Instagram, kita tidak jarang mendengar atau bahkan merasakan sendiri risiko keamanan yang terkait dengan akun kita. Kejadian di mana akun Instagram di-hack dan email diganti telah terjadi pada berbagai kalangan, termasuk pejabat, selebritis, hingga pengusaha. Bahkan, akun dengan jutaan followers juga tidak luput dari risiko tersebut. Nah, didalam artikel ini nantinya kita akan membahas cara mengembalikan akun ig yang di hack dan email diganti oleh si hacker.

Mengapa Akun Instagram Rentan Di-hack?

Sayangnya, para hacker memiliki beragam tujuan yang sulit diidentifikasi. Mereka cenderung tidak muncul dan memberikan alasan jelas terkait tindakan mereka. Ya karena pasti akan menguntukan bagi si hacker ya. Akibatnya, pemilik akun yang terkena hack seringkali merasa bingung dan panik, terutama jika mereka belum tahu cara mengembalikan atau memulihkan akun yang telah disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Langkah-langkah Mengembalikan Akun IG yang Di-hack dan Email Diganti

Jika Anda mengalami situasi serupa dan ingin tahu bagaimana cara mengembalikan akun yang pernah terkena hack, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti, langkah ini sudah berhasil di beberapa akun menurut study case. Namun tidak menutup kemungkinan juga tidak pasti berhasil. Alangkah baiknya silahkan Anda coba terlebih dahulu, siapa tahu akun Anda bisa kembali. Berikut langkah-langkah cara mengembalikan akun ig yang di hack:

  1. Melapor Melalui Help Instagram
    • Kunjungi laman help.instagram.com melalui browser.
    • Pilih dan klik menu Privacy & Safety > Kemudian Report > Pilih Something > Lalu Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us.
    • Isi dengan jelas dan benar beberapa pertanyaan yang ditampilkan.

Sebaiknya silahkan jelaskan dengan Bahasa Inggris ya, jika tidak bisa Anda bisa memanfaatkan google translate untuk menjelaskannya. Jadi boleh silahkan tulis dahulu Bahasa Indonesia lalu kemudian silahkan untuk di translate.

  1. Pilih Menu Impersonation Account
    • Jika akun Anda diambil alih oleh orang, pilih menu Impersonation.
    • Isi formulir dengan email lengkap yang digunakan saat mendaftar awal di Instagram.
    • Pastikan untuk memasukkan nama sekarang yang digunakan oleh akun yang sudah di-hack.
  2. Akun Instagram Akan Hilang Sementara
    • Setelah laporan terkirim, Instagram akan menghilangkan akun tersebut untuk sementara.
    • Ini dilakukan untuk memastikan bahwa akun tersebut memang telah disusupi oleh hacker.
  3. Periksa Email untuk Instruksi Lanjutan
    • Periksa email Anda untuk melihat pesan dari Instagram terkait laporan tersebut.
    • Ikuti instruksi yang diberikan, seperti menulis tangan nama akun dan nama lengkap di kertas putih, serta melakukan verifikasi dengan mengirim foto wajah dan kertas putih tersebut.
  4. Isi Form Kedua dari Instagram
    • Setelah mengirim balasan email verifikasi, Instagram akan mengirimkan form kedua yang berisi instruksi lebih lanjut.
    • Balas email tersebut dengan jelas dan pastikan mengisi semua kolom dengan informasi yang tepat.
  5. Menunggu Balasan dari Pihak Instagram
    • Balasan dari Instagram biasanya akan diterima dalam 4-7 hari.
    • Setelah menerima email balasan, coba ketikkan usernamenya di kolom pencarian; jika muncul, artinya akun tersebut sudah resmi dikembalikan.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara praktis untuk mengembalikan akun Instagram yang telah di-hack dan emailnya diganti. Pastikan untuk mengisi semua data yang diminta oleh Instagram dengan benar, karena informasi yang akurat akan mempercepat proses pemulihan akun.

Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan yang diberlakukan oleh Instagram terkait pemulihan akun. Semoga informasi ini bermanfaat dan berhasil membantu Anda mengatasi masalah keamanan akun Instagram Anda. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: hmdhn