Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Hello, Sobat Mediaku! Jika kamu sedang mencari cara untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa menggunakan aplikasi, maka kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan adalah program asuransi sosial yang dikelola oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan bagi para pekerja formal maupun nonformal. Program ini memberikan manfaat jaminan pensiun, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua.

Untuk memperoleh manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan, kamu harus terdaftar sebagai peserta dan membayar iuran secara rutin setiap bulannya. Namun, sebelum membayar iuran, kamu perlu mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa menggunakan aplikasi, antara lain:

1. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan di bpjs-ketenagakerjaan.go.id. Setelah itu, pilih menu “Peserta” dan klik “Cek Saldo”.

Setelah masuk ke halaman “Cek Saldo”, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor virtual account atau nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu, klik “Lanjut”.

Jika nomor yang kamu masukkan sudah benar, maka akan muncul informasi mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu.

2. Melalui SMS Banking

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan layanan SMS Banking dari bank tempat kamu membuka rekening. Kamu dapat mengirimkan pesan dengan format tertentu ke nomor SMS Banking yang sudah disediakan oleh bank.

Format pesan yang biasanya digunakan adalah “CEK (SPASI) BPJS (SPASI) KETENAGAKERJAAN (SPASI) NOMOR VIRTUAL ACCOUNT”. Kamu dapat mengganti “NOMOR VIRTUAL ACCOUNT” dengan nomor virtual account atau nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Setelah mengirimkan pesan, kamu akan mendapatkan balasan SMS yang berisi informasi mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu.

3. Melalui Internet Banking

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan layanan Internet Banking dari bank tempat kamu membuka rekening.

Kamu dapat login ke akun Internet Banking kamu dan mencari menu “BPJS Ketenagakerjaan” atau “Tagihan”. Setelah itu, masukkan nomor virtual account atau nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Jika nomor yang kamu masukkan sudah benar, maka akan muncul informasi mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Pentingnya Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena dengan mengetahui saldo kamu, maka kamu dapat mengetahui apakah iuran BPJS Ketenagakerjaan kamu sudah terbayar atau belum. Jika iuran kamu belum terbayar, maka kamu perlu segera membayarnya agar kamu dapat terus mendapatkan manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, dengan mengetahui saldo kamu, kamu juga dapat memperkirakan besarnya manfaat yang akan kamu terima di masa depan. Jika saldo kamu sudah mencukupi, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan penarikan dana atau pindah ke program BPJS Ketenagakerjaan yang lain.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa menggunakan aplikasi. Selalu ingat untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu secara rutin agar kamu dapat terus mendapatkan manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Mediaku! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

You May Also Like

About the Author: hmdhn