Begini Cara Membuat Saluran di WhatsApp (WA) dengan Mudah

Cara Membuat Saluran di WhatsApp

WhatsApp terus berinovasi dengan meluncurkan fitur terbarunya, yaitu WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menerima informasi terkini secara langsung dari organisasi atau pengguna lain di platform WhatsApp. Bagi Anda yang ingin memanfaatkannya, nantinya kita akan memberika tutorial langkah-langkah mudah untuk cara membuat saluran di WhatsApp dengan sangat mudah.

  1. Apa itu WhatsApp Channel?

WhatsApp Channel, atau Saluran WhatsApp, ialah fitur terbaru yang dirancang untuk memudahkan orang-orang mendapatkan informasi terupdate dari berbagai organisasi atau pengguna lain secara langsung. Dengan fitur ini, Anda bisa menerima teks, stiker, video, dan bahkan melakukan jajak pendapat atau polling. Inovasi ini memberikan pengalaman berkomunikasi yang lebih kaya dan menarik.

  1. Kelebihan WhatsApp Channel

Fitur Channel ini dapat diakses melalui tab terpisah di bagian Pembaruan atau Updates, memungkinkan Anda melihat status pengguna lain yang ada di daftar kontak Anda. WhatsApp Channel ini tidak hanya tersedia di Aplikasi WhatsApp versi biasa, tetapi juga muncul untuk pengguna WhatsApp yang versi Business. Dengan demikian, lebih banyak pengguna dapat menikmati kelebihan fitur ini.

  1. Temukan Channel sesuai Minat Anda

Salah satu kelebihan WhatsApp Channel adalah kemampuannya untuk menghubungkan pengguna berdasarkan minat. Anda dapat menemukan Channel yang sesuai dengan hobi, tim olahraga, atau topik lainnya yang menarik bagi Anda. Mengikuti Channel juga bisa dilakukan melalui tautan undangan, memastikan bahwa Anda selalu mendapatkan informasi terkini sesuai dengan preferensi Anda.

  1. Privasi Terjamin

WhatsApp sangat memperhatikan privasi penggunanya. Dalam penggunaan WhatsApp Channel, nomor telepon dan foto profil admin serta pengikut Channel tidak ditampilkan secara terbuka. Ini membantu melindungi privasi admin dan memberikan rasa aman kepada pengguna yang bergabung dalam saluran tersebut.

  1. Isi Pesan Tidak Tersimpan Selamanya

Keamanan informasi menjadi prioritas WhatsApp. Pesan yang dikirimkan melalui fitur Channel tidak akan disimpan selamanya. Server WhatsApp secara otomatis menghapus riwayat saluran setelah 30 hari, sehingga pengguna tidak perlu khawatir terkait penyimpanan informasi yang berlebihan.

  1. Kontrol Penuh oleh Admin

Admin memiliki kendali penuh atas saluran yang dibuatnya. Admin dapat mengatur perizinan terkait tangkapan layar atau screenshot pada Channel. Selain itu, admin memiliki keputusan untuk memutuskan siapa yang dapat mengikuti saluran dan kemampuan saluran untuk ditemukan melalui direktori.

Cara Mudah Membuat Saluran di WhatsApp

Setelah memahami keunggulan dan fitur WhatsApp Channel, berikut adalah cara mudah untuk membuat saluran di WhatsApp:

  • Open WhatsApp dan masuk ke tab Updates.

Pilih ikon tambah dan pilih opsi “Saluran Baru” atau “New Channel.”

  • Silahkan Klik Mulai atau Start dan Ikuti Petunjuk di Layar.

Pada langkah ini, ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk memulai proses pembuatan saluran.

  • Isi Nama dan Informasi Channel.

Isi dengan lengkap nama Channel dan informasi yang diperlukan untuk mendeskripsikan saluran Anda.

  • Sesuaikan Channel Berdasarkan Kebutuhan.

Sesuaikan Channel dengan menambahkan deskripsi Channel, ikon Channel, dan informasi lain yang relevan.

  • Klik “Buat Saluran” atau “Create Channel.”

Setelah melengkapi langkah-langkah di atas, klik tombol untuk membuat saluran Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda telah berhasil membuat dan memanfaatkan fitur Channel di WhatsApp. Penting untuk diingat bahwa WhatsApp masih secara bertahap menggulirkan fitur ini, sehingga mungkin sebagian pengguna belum mendapatkannya. Selamat mencoba dan nikmati pengalaman berkomunikasi yang lebih interaktif dengan WhatsApp Channel!

You May Also Like

About the Author: hmdhn