20 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Hello Sobat Mediaku! Apakah kamu sering merasa risih jika ada orang lain yang mengintip aplikasi yang terdapat di HP-mu? Tenang saja, kali ini kami akan memberikan tips untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi-mu agar terhindar dari mata orang lain.

1. Gunakan Fitur App Lock

Fitur App Lock yang terdapat di HP Xiaomi memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi yang ingin disembunyikan. Kamu dapat mengakses fitur ini dengan membuka aplikasi Security yang sudah terpasang di HP-mu. Setelah itu, pilih menu App Lock dan pilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Setelah di-lock, aplikasi tersebut tidak akan terlihat pada layar utama HP-mu.

2. Gunakan Folder Khusus

Selain menggunakan fitur App Lock, kamu juga bisa membuat folder khusus untuk menyimpan aplikasi yang ingin disembunyikan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menekan dan menahan ikon aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam folder, lalu seret ke ikon aplikasi lainnya. Setelah itu, kamu akan melihat folder baru yang berisi aplikasi yang sudah kamu pilih. Kamu bisa memberi nama folder tersebut agar lebih mudah diidentifikasi.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu merasa fitur bawaan HP-mu kurang memadai, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi-mu. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba adalah App Hider, Calculator Vault, dan Hide App. Aplikasi ini tidak hanya menyembunyikan aplikasi, tetapi juga menyediakan fitur pengamanan lainnya seperti kunci sidik jari dan sandi.

4. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Selain menyembunyikan aplikasi, kamu juga bisa menghindari notifikasi yang muncul pada layar HP-mu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Notifikasi & Status Bar dan pilih aplikasi yang ingin diatur. Setelah itu, nonaktifkan opsi Tampilan di Layar Kunci agar notifikasi tidak terlihat pada layar HP-mu.

5. Gunakan Mode Khusus

Mode Khusus atau Mode Privasi adalah fitur bawaan HP Xiaomi yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi, galeri foto, dan file lainnya yang ingin disembunyikan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Mode Khusus. Setelah itu, aktifkan fitur yang ingin kamu sembunyikan dan masukkan password atau sidik jari untuk membuka kembali fitur tersebut.

6. Gunakan Aplikasi Pengunci Layar

Jika kamu khawatir ada orang yang akan membuka HP-mu saat kamu sedang tidak berada di dekatnya, kamu bisa menggunakan aplikasi pengunci layar. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba adalah AppLock atau Smart AppLock. Aplikasi ini akan memberikan kamu pilihan untuk mengunci aplikasi tertentu atau bahkan seluruh layar HP-mu. Kamu bisa memilih jenis kunci yang ingin kamu gunakan, seperti password atau sidik jari.

7. Aktifkan Mode Do Not Disturb

Mode Do Not Disturb adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengatur waktu di mana HP-mu tidak akan menerima notifikasi apapun. Fitur ini bisa sangat berguna jika kamu ingin fokus pada pekerjaan atau saat kamu sedang tidur. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Mode Do Not Disturb dan atur waktu yang kamu inginkan.

8. Gunakan Launcher Khusus

Jika kamu ingin lebih terorganisir dalam menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi-mu, kamu bisa menggunakan launcher khusus seperti Nova Launcher atau Apex Launcher. Dengan menggunakan launcher ini, kamu bisa membuat folder khusus atau bahkan menyembunyikan seluruh aplikasi yang kamu inginkan dengan mudah.

9. Gunakan Aplikasi File Manager

Selain menggunakan fitur bawaan HP-mu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi file manager untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi-mu. Beberapa aplikasi file manager yang bisa kamu coba adalah ES File Explorer atau File Manager by Xiaomi. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menyembunyikan aplikasi dengan mudah dan mengatur pengaturan keamanan tambahan seperti password atau sidik jari.

10. Gunakan Mode Tamu

Jika kamu sering meminjamkan HP-mu kepada orang lain, kamu bisa menggunakan Mode Tamu untuk membatasi akses ke aplikasi dan file penting yang ada di HP-mu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Mode Tamu dan aktifkan fitur tersebut. Kamu juga bisa menentukan aplikasi dan file yang ingin kamu sembunyikan dari pengguna tamu.

11. Gunakan Aplikasi Kunci Foto

Jika kamu khawatir ada orang yang akan mengintip foto-foto pribadi di HP-mu, kamu bisa menggunakan aplikasi kunci foto seperti GalleryVault atau KeepSafe. Aplikasi ini akan membantu kamu menyembunyikan foto-foto penting dan mengamankan akses ke foto tersebut dengan password atau sidik jari.

12. Gunakan Aplikasi Kunci Pesan

Jika kamu sering menggunakan aplikasi pesan seperti WhatsApp atau Line, kamu bisa menggunakan aplikasi kunci pesan untuk membatasi akses ke pesan-pesan penting yang ada di dalamnya. Beberapa aplikasi kunci pesan yang bisa kamu coba adalah Messenger and Chat Lock atau Message Locker. Aplikasi ini akan membantu kamu menyembunyikan pesan-pesan penting dan mengamankan akses ke pesan tersebut dengan password atau sidik jari.

13. Gunakan Aplikasi Kunci Panggilan

Jika kamu ingin membatasi akses panggilan masuk atau keluar dari HP-mu, kamu bisa menggunakan aplikasi kunci panggilan seperti Call Blocker atau Call Lock. Aplikasi ini akan membantu kamu membatasi akses panggilan dan mengamankan HP-mu dari panggilan yang tidak diinginkan atau spam. Kamu bisa mengatur pengaturan keamanan tambahan seperti password atau sidik jari untuk membuka aplikasi kunci panggilan tersebut.

14. Gunakan Aplikasi Kunci Aplikasi

Jika kamu ingin membatasi akses ke aplikasi tertentu di HP-mu, kamu bisa menggunakan aplikasi kunci aplikasi seperti AppLock atau Perfect AppLock. Aplikasi ini akan membantu kamu mengunci akses ke aplikasi tertentu dengan password atau sidik jari. Kamu bisa mengunci aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, atau bahkan aplikasi dompet elektronik seperti OVO dan GoPay.

15. Aktifkan Fingerprint Sensor

Fingerprint Sensor adalah fitur keamanan yang memungkinkan kamu membuka HP-mu hanya dengan sidik jari. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa memastikan bahwa hanya kamu yang bisa membuka HP-mu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Fingerprint Sensor dan tambahkan sidik jari kamu.

16. Gunakan Aplikasi VPN

Jika kamu ingin lebih aman dalam menggunakan HP-mu, kamu bisa menggunakan aplikasi VPN seperti ExpressVPN atau NordVPN. Aplikasi ini akan membantu kamu menyembunyikan alamat IP dan aktivitas online-mu dari orang lain. Kamu juga bisa mengakses situs atau aplikasi yang diblokir di daerahmu dengan menggunakan aplikasi VPN ini.

17. Aktifkan Fitur Find Device

Fitur Find Device adalah fitur bawaan Xiaomi yang memungkinkan kamu melacak keberadaan HP-mu jika HP-mu hilang atau dicuri. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Mi Account dan aktifkan fitur Find Device. Jika HP-mu hilang atau dicuri, kamu bisa melacak keberadaan HP-mu melalui situs web Mi Cloud.

18. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika kamu ingin menjaga keamanan HP-mu, kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi yang tidak digunakan seringkali memakan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja HP-mu. Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, kamu juga bisa memperkecil kemungkinan terjadinya kebocoran data pribadi.

19. Perbarui Sistem Operasi

Perbarui sistem operasi HP-mu secara teratur untuk memastikan keamanan HP-mu terjaga. Setiap pembaruan sistem operasi biasanya dilengkapi dengan peningkatan keamanan dan perbaikan bug yang bisa membahayakan HP-mu. Kamu bisa memeriksa pembaruan sistem operasi dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih About Phone dan pilih Software Update.

20. Jangan Membagikan Informasi Pribadi

Hal yang terpenting untuk menjaga keamanan HP-mu adalah dengan tidak membagikan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, atau bahkan nomor rekening ke orang yang tidak dikenal. Selalu periksa apakah situs atau aplikasi yang kamu gunakan memiliki sertifikat keamanan yang valid sebelum memasukkan informasi pribadi. Jangan mudah tergiur oleh tawaran diskon atau hadiah yang berlebihan, karena bisa jadi itu adalah modus penipuan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dan menjaga keamanan HP-mu secara umum. Perlu diingat bahwa menjaga keamanan HP-mu adalah hal yang sangat penting, karena di dalam HP-mu terdapat banyak informasi pribadi yang bisa membahayakan jika jatuh ke tangan yang salah. Dengan melakukan beberapa tips di atas, kamu bisa memastikan bahwa HP-mu selalu aman dan terlindungi dari ancaman yang ada di dunia digital. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

You May Also Like

About the Author: hmdhn