20 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Hello Sobat Mediaku! Jika kamu memiliki HP Oppo, mungkin pernah merasa ingin menyembunyikan aplikasi yang mungkin tidak ingin terlihat oleh orang lain. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu, dan dalam artikel ini kita akan membahas beberapa cara yang mungkin berguna untuk kamu. Yuk, simak!

1. Gunakan Fitur Bawaan Oppo

HP Oppo memiliki fitur bawaan yang disebut Private Safe, yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Caranya adalah dengan membuka Private Safe dan menambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam daftar. Setelah itu, aplikasi tersebut tidak akan muncul di layar utama atau aplikasi drawer.
Untuk menggunakan fitur Private Safe, kamu bisa membuka aplikasi Pengaturan dan mencari opsi Private Safe. Kemudian, aktifkan fitur ini dan tambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam daftar.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan Oppo, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Apex Launcher. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat folder tersembunyi di layar utama dan menyembunyikan aplikasi di dalamnya.
Cara menggunakan Apex Launcher adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan buat folder tersembunyi di layar utama. Kemudian, tambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder tersebut.

3. Buat Akun Pengguna Terpisah

Fitur lain yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo adalah dengan membuat akun pengguna terpisah. Kamu bisa membuat akun pengguna terpisah dan menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Setelah itu, kamu bisa beralih ke akun pengguna lain ketika ingin menggunakan aplikasi yang disembunyikan tersebut.
Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa membuka aplikasi Pengaturan dan mencari opsi Pengguna. Kemudian, tambahkan akun pengguna baru dan tambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam akun pengguna tersebut.

4. Sembunyikan Aplikasi dengan Aplikasi Pengunci

Ada beberapa aplikasi pengunci yang tersedia di Google Play Store yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah AppLock. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi tertentu dan menyembunyikannya dari layar utama.
Cara menggunakan AppLock adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Kemudian, tambahkan aplikasi tersebut ke dalam daftar aplikasi yang diunci dan atur pola kunci atau PIN untuk mengunci aplikasi tersebut.

5. Sembunyikan Aplikasi dengan Fitur Kloning Oppo

HP Oppo memiliki fitur kloning yang memungkinkan kamu untuk menggandakan aplikasi yang sudah terinstal di HP-mu. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara menggandakan aplikasi tersebut dan menyembunyikan aplikasi aslinya.
Untuk menggunakan fitur kloning, kamu bisa membuka aplikasi Pengaturan dan mencari opsi Kloning Aplikasi. Kemudian, aktifkan fitur ini dan pilih aplikasi yang ingin kamu kloning. Setelah itu, kamu bisa menyembunyikan aplikasi asli dan hanya menggunakan aplikasi kloning untuk mengakses aplikasi tersebut.

6. Gunakan Aplikasi Pemutar Musik untuk Menyembunyikan Aplikasi

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo adalah dengan menggunakan aplikasi pemutar musik. Kamu bisa memilih aplikasi pemutar musik yang kamu sukai dan menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin kamu lihat di dalamnya.
Cara menggunakan aplikasi pemutar musik untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan membuka aplikasi pemutar musik dan menambahkan folder dengan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Setelah itu, kamu bisa menonaktifkan opsi tampilkan semua file di aplikasi pemutar musik tersebut, sehingga hanya folder yang kamu tambahkan tadi yang akan muncul di aplikasi pemutar musik.

7. Gunakan Aplikasi File Manager

Selain aplikasi pemutar musik, kamu juga bisa menggunakan aplikasi file manager untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu. Caranya adalah dengan membuat folder tersembunyi di dalam aplikasi file manager dan menyembunyikan aplikasi di dalamnya.
Cara menggunakan aplikasi file manager untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan membuka aplikasi file manager dan membuat folder baru. Kemudian, tambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder tersebut dan atur opsi untuk menyembunyikan folder tersebut dari tampilan di aplikasi file manager.

8. Sembunyikan Aplikasi dengan Aplikasi Kustomisasi

Ada beberapa aplikasi kustomisasi yang tersedia di Google Play Store yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Nova Launcher. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat folder tersembunyi di layar utama dan menyembunyikan aplikasi di dalamnya.
Cara menggunakan Nova Launcher adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan buat folder tersembunyi di layar utama. Kemudian, tambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder tersebut.

9. Sembunyikan Aplikasi dengan Fitur Bawaan Android

Selain fitur bawaan Oppo, kamu juga bisa menggunakan fitur bawaan Android untuk menyembunyikan aplikasi di HP-mu. Caranya adalah dengan menggunakan opsi Menyembunkan Aplikasi di dalam pengaturan Aplikasi pada HP-mu.

Cara menggunakan opsi Menyembunyikan Aplikasi di Android adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mencari opsi Aplikasi. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dan pilih opsi Menyembunyikan Aplikasi.

10. Sembunyikan Aplikasi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan HP Oppo dan Android, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di HP-mu. Ada banyak aplikasi semacam ini yang tersedia di Google Play Store, seperti Calculator Vault, AppLock, dan Hide It Pro.
Cara menggunakan aplikasi semacam ini adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan atur opsi untuk menyembunyikan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.

11. Gunakan Aplikasi Kunci untuk Menyembunyikan Aplikasi

Selain aplikasi pemutar musik dan file manager, kamu juga bisa menggunakan aplikasi kunci untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu. Aplikasi kunci ini akan meminta kata sandi atau pola kunci saat kamu membuka aplikasi yang telah kamu sembunyikan.
Cara menggunakan aplikasi kunci untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi semacam itu dari Google Play Store. Setelah itu, atur opsi untuk menyembunyikan aplikasi dan atur pola kunci atau kata sandi untuk membuka aplikasi yang kamu sembunyikan.

12. Sembunyikan Aplikasi dengan Folder Tersembunyi di Galeri

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu adalah dengan membuat folder tersembunyi di dalam galeri foto-mu. Caranya adalah dengan membuat folder baru dan menyimpan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan di dalamnya.
Cara membuat folder tersembunyi di galeri foto adalah dengan membuka aplikasi galeri dan membuat folder baru di dalamnya. Kemudian, tambahkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder tersebut dan atur opsi untuk menyembunyikan folder tersebut dari tampilan di aplikasi galeri.

13. Gunakan Aplikasi Keamanan untuk Menyembunyikan Aplikasi

Selain aplikasi kunci, kamu juga bisa menggunakan aplikasi keamanan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu. Aplikasi semacam itu akan memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi tertentu dengan kata sandi atau pola kunci.
Cara menggunakan aplikasi keamanan untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi semacam itu dari Google Play Store. Setelah itu, atur opsi untuk menyembunyikan aplikasi dan atur pola kunci atau kata sandi untuk membuka aplikasi yang kamu sembunyikan.

14. Sembunyikan Aplikasi dengan Fitur Private Safe

Fitur Private Safe adalah fitur bawaan Oppo yang dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP-mu. Fitur ini akan menyimpan aplikasi yang kamu sembunyikan di dalam folder tersembunyi yang hanya bisa diakses dengan pola kunci atau kata sandi.

Cara menggunakan fitur Private Safe untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mencari opsi Private Safe. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dan tambahkan ke dalam Private Safe.

15. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menyembunyikan Aplikasi dari Daftar Baru

Jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi dari daftar baru, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu menyembunyikan aplikasi dari daftar tersebut. Aplikasi semacam itu akan membuat aplikasi yang kamu sembunyikan tidak muncul di daftar aplikasi terbaru atau daftar yang sering digunakan.
Cara menggunakan aplikasi semacam ini adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan atur opsi untuk menyembunyikan aplikasi dari daftar baru.

16. Gunakan Mode Tamu untuk Menyembunyikan Aplikasi

Jika kamu sering meminjamkan HP-mu kepada orang lain, kamu bisa menggunakan fitur Mode Tamu untuk menyembunyikan aplikasi dari pengguna lain. Fitur Mode Tamu akan membuat pengguna lain tidak bisa melihat aplikasi yang telah kamu sembunyikan.
Cara menggunakan fitur Mode Tamu untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mencari opsi Mode Tamu. Setelah itu, atur opsi untuk menyembunyikan aplikasi dari pengguna Mode Tamu.

17. Sembunyikan Aplikasi dengan Menyembunyikan Aplikasi dari Tampilan Layar Utama

Jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi dari tampilan layar utama, kamu bisa melakukan hal ini dengan cara menghapus aplikasi dari layar utama atau menggantinya dengan widget yang kamu gunakan sering.
Cara menyembunyikan aplikasi dari tampilan layar utama adalah dengan menahan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan, lalu seret aplikasi ke opsi Hapus atau Ganti yang ada di bagian atas layar.

18. Gunakan Aplikasi Tema untuk Menyembunyikan Aplikasi

Jika HP Oppo-mu mendukung fitur Tema, kamu bisa menggunakan aplikasi tema untuk menyembunyikan aplikasi di HP-mu. Aplikasi tema akan mengubah tampilan antarmuka HP-mu dan membuat beberapa aplikasi tidak terlihat di tampilan utama.
Cara menggunakan aplikasi tema untuk menyembunyikan aplikasi adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tema dari Google Play Store. Setelah itu, atur opsi untuk menyembunyikan aplikasi dan atur tema yang ingin kamu gunakan.

19. Sembunyikan Aplikasi dengan Membuat Folder Tersembunyi di Aplikasi File Manager

Jika HP-mu memiliki aplikasi file manager, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat folder tersembunyi dan menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Folder tersembunyi ini hanya bisa diakses dengan pola kunci atau kata sandi yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Cara membuat folder tersembunyi di aplikasi file manager adalah dengan membuka aplikasi file manager dan membuat folder baru. Setelah itu, atur opsi untuk menyembunyikan folder tersebut dan atur pola kunci atau kata sandi untuk membuka folder tersembunyi tersebut.

20. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menyembunyikan Aplikasi dengan Kata Sandi

Jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi dengan kata sandi, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu menyembunyikan aplikasi dengan kata sandi. Aplikasi semacam itu akan membuat aplikasi yang kamu sembunyikan hanya bisa diakses dengan kata sandi yang telah kamu tentukan sebelumnya.
Cara menggunakan aplikasi semacam ini adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan atur opsi untuk menyembunyikan aplikasi dengan kata sandi.

Kesimpulan

Itulah 20 cara yang dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo-mu. Mulai dari fitur bawaan HP Oppo, aplikasi pihak ketiga, hingga aplikasi tema, semuanya dapat kamu manfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan. Namun, sebaiknya kamu tidak menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik atau melanggar hukum.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Mediaku yang ingin menyembunyikan aplikasi di HP Oppo. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

You May Also Like

About the Author: hmdhn